Jumat, 21 September 2012

Kewarganegaraan Budaya Politik

Pengertian budaya politik  
 
Budaya politik merupakan perwujudan nilai-nilaipolitik yang dianut oleh sekelompok masyarakat,bangsa,atau negara yang diyakini sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatakegiatan politik kenegaraan
 
1. Budaya politik tradisional
Budaya politik tradisional adalah budaya politik yang mengedepankan atau mengutamakan satu budaya dari etnis tertentu yang ada di Indonesia.
Contoh : Budaya politik yang berangkat dari paham masyarakat jawa terjadi ketika Soeharto memimpin negeri ini selama lebih dari tiga dekade.
Budaya politik tradisional ditandai oleh hubungan yang bersifat patron-klien, seperti hubungan antara tuan dan pelayannya.
2. Budaya Politik Islam
Budaya Politik islam adalah budaya politik yang lebih mendasarkan idenya pada keyakinan dan nilai agama islam. Indonesia adalah negara islam terbesar di dunia, jadi tidaklah mengherankan apabila islam menjadi budaya politik di Indonesia
Budaya politik islam biasanya di pelopori oleh kelompok santri. Kelompok santri adalah kelompok masyarakat yang identik dengan pendidikan pesantren atau sekolah2 islam. Kelompok itu dibedakan menjadi dua yaitu modern (muhamadiyah) dan tradisional (NU).
3. Budaya politik modern
Budaya politik modern adalah budaya politik yang mencoba meniggalkan karakter  etnis tertentu atau agama tertentu. Tujuanya adalah mencapai stabilitas keamanan dan kemajuan, budaya politik ini memiliki sifat kuat dan berpengaruh yang di dalamnya terdapat beragam sub kultur, seperti kelompok birokrat, intelektual, dan militer.
Pandangan beberapa ahli tentang tipe budaya politik
Herbert felt (ilmuwan politik Australia) mengemukakan bahwa Indonesia memiliki dua budaya politik yang dominan, yaitu aristokrasi jawa dan wiraswasta islam yang sebenarnya lebih tepatnya jika disebut sebagai sub budaya politik atau budaya politik sub nasional.
Clifford geertz (antropolog Ameerika) mengelompokan masyarakat indonesia kedalam tiga budaya politik yaitu :
  1. petani jawa dan bali
  2. masyarakat islam pantai
  3. masyarakat pegunungan
Nazaruddin sjamsudin menyebutkan bahwa dalam sebuah politik ciri utama identitasnya adalah suatu nilai atau orientasi yang menonjol dan di akui oleh masyarakat atau bangsa secara keseluruhan. Ciri utama itu menjadi simbol, simbol itu sering dikenal adalah bhinneka tunggal ika. Dalam budaya politik bhinneka tunggal ika ada dua nilai yaitu toleransi dan tenggangrasa.
Affan gaffar
Affan gaffar itu menggambarkan pola budaya politk dominan yang berasal dari kelompok etnis dominan yaitu kelompok etnis jawa. Affan gaffar juga menyebutkan bahwa budaya politik Indonesia memiliki tiga ciri dominan yaitu :
  a. hierarki yang tegas atau ketat
  b. kecenderungan patronage
  c. kecenderungan neo-patrimonialistik